Baca Artikel

Profil

Profil

Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (APERTI BUMN) adalah perkumpulan perguruan tinggi-perguruan tinggi yang berafiliasi dengan Badan Usaha Milik Negara, yang menjadi wadah bagi seluruh perguruan tinggi anggotanya untuk bersinergi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. APERTI BUMN didirikan oleh lima perguruan tinggi, pada tahun 2017. Kelima perguruan tinggi tersebut adalah Institut Teknologi  PLN  (IT PLN, dahulu Sekolah Teknik Tinggi PLN), Universitas Pertamina (UP), Telkom University (TEL-U), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG), dan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI).

Dalam perkembangannya, beberapa perguruan tinggi kemudian bergabung ke dalam APERTI BUMN, yaitu (sesuai urutan waktu): Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos), Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS) dan BRI Institute.

Struktur kepemimpinan APERTI BUMN untuk periode 2017 - 2020 adalah sebagai berikut:

  1. Ketua Umum: Rektor Universitas Pertamina
  2. Wakil Ketua: Rektor Telkom University
  3. Ketua bidang Penelitian dan Pengembangan: Rektor Institut Teknologi PLN
  4. Ketua Bidang Pendidikan: Rektor Universitas Internasional Semen Indonesia
  5. Bendahara: Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Logistik

Perguruan tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN telah memiliki spesialisasi yang sangat dibutuhkan oleh dunia industri, IT PLN memiliki spesialisasi di bidang ketenagalistrikan, TEL-U di bidang teknologi informasi dan komunikasi, Universitas Pertamina di bidang energi, STIMLOG di bidang manajemen logistik,  transportasi dan rantai pasok,  UISI di bidang bisnis dan teknologi persemanan, Poltekpos di bidang logistik, supply chain management & e-commerce, ITTS di bidang teknologi komunikasi dan BRI Institute di bidang teknologi keuangan digital (digital financial technology) dan technopreneurship.

Kelebihan yang sama-sama dimiliki oleh Perguruan Tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN ini adalah kedekatannya dengan industri,   yang memungkinkan anggotanya berkolaborasi untuk mengimplementasikan konsep Triple Helix (Academic, Business, and Government).

Dalam ruang lingkup pendidikan, APERTI BUMN akan berkontribusi dalam bidang pendidikan bagi masyarakat kurang mampu di Indonesia dengan mekanisme pembiayaan CSR BUMN. CSR BUMN akan menjadi sangat bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu untuk melanjutkan jenjang pendidikan tinggi. Hasilnya bahkan dapat dimanfaatkan oleh BUMN itu sendiri. Selain itu, kerja sama APERTI BUMN dengan BUMN diharapkan dapat menciptakan efisiensi dari sisi operasional pelaksanaan pendidikan, seperti dalam hal penyusunan kurikulum dan penyetaraan mata kuliah, pertukaran dosen, serta pemanfaatan fasilitas seperti laboratorium dan perpustakaan.

Artikel Terkait